Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Manusia

Posted on
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mengingat tentang sebuah proses perkembangan pola fikir manusia maka hal ini tak akan pernah lepas dari pendidikan moral . Sebuah proses yang dimaksud adalah pendidikan . Pendidikan moral sangat penting bagi kehidupan manusia , karena  nantinya diharapkan akan mampu merubah pola pikir seseorang menjadi lebih baik, dan sesuai dengan norma yang telah ada . Hal ini tentunya tidak merubah harkat dan martabat seseorang.

Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Manusia

Penerapan pendidikan moral sendiri diaplikasikan dalam setiap jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Ketika menginjak Sekolah Dasar  sebuah perkembangan moral yang diajarkan tak lepas dari berbagai macam nilai luhur yang sudah diatur dalam tatanan moral bagi bangsa Indonesia yang tercantum secara jelas dalam butir – butir pancasila . Pendidikan moral yang ada di dalam Pancasila sejak pendidikan dasar anak negeri sudah di ajarkan nilai – nilai yang sangat mulia. Dalam hal ini berarti anak negeri diajarkan untuk menjadi individu yang memiliki agama dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, mampu menjunjung tinggi sebuah nilai kehidupan, memiliki tenggang rasa terhadap masyarakat dan memiliki rasa keadilan yang hakiki. Setelah memahami tentang pentingnya pendidikan moral dalam pelakasanaannya membutuhkan 3 faktor yang perlu di perhatikan di Indonesia. Lantas apa saja faktor tersebut ?

3 faktor yang penting untuk diperhatikan dalam pendidikan moral di Indonesia :

  1. Pada umumnya peserta didik sejatinya memiliki tingkat kesadaran yang saling berbeda dan tidak merata. Hal ini diperlukan cara untuk melakukan identifikasi mengenai setiap kondisi dari perkembangan moral dari para peserta didik.
  2. Nilai – nilai yang ada di dalam pancasila , berdasarkan tingkat kesadaran dan perkembangan dari moral manusia maka hal yang terpenting adalah mengetahui tingkat tahapan dalam kemampuan dari para peserta didik.
  3. Guru merupakan fasililatator yang ada di lembaga pendidikan. Jika mengingat kembali tentang sebuah teori dalam perkembangan moral manusia ada 4 dalil yang diungkapkan oleh Kohlberg yakni guru seyogyanya menjadi seorang fasilitator yang memberi kemungkingkinan untuk siswanya dalam memahami dan menghayati berbagai macam nilai dalam pendidikan moral.

 

Informasimu.com, muhirapage.com, coolpadphone.com

 

Incoming search terms:

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *